Rusia Melakukan Uji Coba Internet Domestik


Oktober 3, 2020

Uji coba internet domestik yang telah lama direncanakan akhirnya telah rampung dilaksanakan. Banyak sekali gagasan yang muncul untuk dengan dilakukan nya uji coba tersebut. Hal ini disampaikan beberapa waktu lalu oleh pemerintahan setempat ke depan publik saat sengaja diadakan nya jumpa pers setempat. Yang mana konverensi tersebut sengaja diselenggarakan untuk membahas segala persiapan yang akan dilakukan seputar uji yang akan dilakukan.

Rusia Melakukan Uji Coba Internet Domestik

Internet secara domestik atau yang bisa dikatakan sebagai internet sendiri adalah sebuah jaringan yang diciptakan sendiri oleh Rusia. Mereka mengklaim telah berhasil menciptkana jaringan sendiri (domestik). Rencana tersebut dilakukan sengaja untuk menghalangi perkembangan internet global masuk secara bebas di negara tersebut.

Berbeda dengan negara Cina yang menerapkan pembatasan penggunaan internet bagi masyarakatnya. Rusia lebih mengembangkan kebijakan yang hampir sama namun berbeda. Rusia mengembangkan dan menciptakan jaringan sendiri dengan melibatkan banyak sekali ahli jaringan dan bagian jasa internet lokal yang ada di sana. Lembaga pemerintahan juga tidak luput ikut campur dalam pembuatan internet lokal tersebut. Sejarah jaringan komputer juga tidak luput ambil peran dalam pembuatan jaringan yang dilakukan tersebut.

Cara Kerja Internet Domestik

Secara umum internet ini bertujuan untuk memantau apakah infrastruktur jaringan internet lokal dapat berguna dengan baik dimana disebut-sebut sebagai RuNet. Mereka hendak menguji apakah jaringan yang telah mereka buat dengan jaringan mereka sendiri tersebut akan tahan lama dan akan akurat dalam memberikan informasi yang diinginkan.

Cara Kerja Internet Domestik

Dan pada dasarnya jaringan dengan basis domestik tersebut juga berrtujuan atas pembatasan apa saja info yang dapat diakses oleh rakyat Rusia disana. Pemerintahan sendiri telah sengaja membuat jaringan tersebut guna memantau apa saja informasi yang hendak dicari dan didapat oleh seluruuh lapisan masyarakatnya.

“Ini akan mendorong para ISP [internet service provider, penyedia layanan internet] dan perusahaan telekomunikasi untuk mengatur jaringan internet di dalam perbatasan mereka sebagai intranet raksasa, seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar.”

Ujar Profesor Woodward menjelaskan. Lalu ia juga menambahkan:

Jadi bagaimana pemerintah Rusia membangun hal yang disebut beberapa orang sebagai “Runet [Russian internet] yang berdaulat”?

Ia berpendapat jika seluruh rakyat Rusia memiliki hak yang sama dengan rakyat lain yang diluar negara tersebut. Yaitu memiliki hak untuk mengetahui apa saja informasi yang sedang terjadi di luar atau seputar apa saja yang ada di luar negara Rusia tersebut. Menurutnya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut mengekang hak asasi manusia. Khususnya membatasi kebebasan seseorang untuk dapat menyaring banyak informasi dari seluruh dunia.

Apakah Efektif

Tujuan dari pembuatan jaringan tersebut memang untuk menciptaka suatu pemerintahan yang lebih maju lagi. Namun dengan memberlakukan kebijakan tersebut apakah tujuan untuk memajukan negara akan tercapai? Nyatanya tidak, karena dengan diciptakan nya jaringan sendiri tersebut menyebabkan masyarakat Rusia ketinggalan banyak sekali informasi luar yang sangat penting yang sedang terjadi. Membuat banyak rakyat nya juga menjadi minim pengetahuan, ujar Profesor Woodward.

Apakah Efektif

Dilansir dalam surat kabar Rusia yang beredar disana juga menyatakan banyak sekali warga yang sangat tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Bagi mereka kebijakan tersebut sangat memihak dan mempunyai unsur pilih kasih. Dimana kebijakan tersebut hanya akan dilakukan dan dirapkan untuk masyarakatnya saja.

Namun walaupun demikian, banyak juga yang setuju dengan kebijakan uji coba yang dilakukan tersebut.

“Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa, secara umum, baik pihak berwenang maupun operator telekomunikasi siap untuk merespon risiko dan ancaman yang meningkat, demi memastikan fungsi yang stabil dari internet dan jaringan telekomunikasi terintegrasi di Federasi Rusia,” kata Alexey Sokolov.

Kantor berita lokal, termasuk Pravda, melaporkan bahwa deputi Kementerian Komunikasi mengatakan uji coba skema ini berjalan sesuai rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related