Kupas Tuntas Teknologi Jaringan Komputer


September 1, 2020

Dewasa ini, menggunakan teknologi jaringan ketika mengakses komputer sudah bukan lagi hal asing dan merupakan barang mewah seperti dulu. Sekarang ini di semua pintu rumah dan kantor pasti tersedia jaringan untuk membantu melaksanakan beragam kegiatan dan aktivitas. Bisa saja itu berupa tuntutan tugas kerja dari bos, atau sekedar bercengkrama dengan teman-teman di sosial media, dan masih banyak lagi.

Apapun itu, yang pasti kehadiran teknologi jaringan sudah naik level dari sekedar pelangkap menjadi sebuah kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Dengan semakin terjangkaunya fasilitas jaringan, maka kemampuan kita untuk mengakses informasi di dunia maya menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Mari kita kupas tuntas seluruh aspek teknologi jaringan pada komputer.

Kupas Tuntas Teknologi Jaringan Komputer

Sesaat lagi kita akan belajar bersama seputar pengetahuan umum teknologi jaringan yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam sekalipun. Yang dimaksud dengan teknologi jaringan komputer adalah sebuah metode yang memungkinkan sekumpulan komputer di suatu area dapat saling berbagi akses. Ibarat kontak batin, demikian pula hal nya komputer ini saling terhubung dan bisa berkomunikasi satu sama lain dengan cara tertentu.

Apabila membahas tentang teknologi jaringan, berarti komputer yang tersedia pun sedikitnya ada 2 unit namun biasanya jauh lebih banyak. Alat perantaranya pun bervariasi, bisa jadi merupakan kabel, atau nirkabel seperti misalnya bluetooth. Semua penemuan ini dimaksudkan untuk menghasilkan keselarasan antar perangkat digital yang saling bekerja secara harmonis.

Jenis Teknologi Jaringan Pada Komputer Berdasarkan Jangkauan

Teknnologi jaringan yang selama ini kia kenal hanyalah sebatas penggunaan internet saja. Padahal, sebenarnya jenis koneksi pada komputer terdapat banyak sekali macamnya tergantung cakupan area yang dibutuhkan. Misalnya saja kita dulu akrab menjumpai jenis koneksi berbasis Local Area Network atau biasa disingkat LAN.

Local Area Network

Tujuan penggunaan LAN ini terbatas hanya pada area kecil yang biasanya ditandai oleh sebuah gedung atau bangunan. Umumnya LAN cocok dipasangkan di sekolah, kantor kelurahan, atau perusahaan kecil swasta. Namun pada praktiknya, kita dulu lebih sering menemukan LAN di warnet atau cafe internet yang dulu sempat booming di awal 2000 an.

Apabila kamu pernah bermain game counter strike dan berperang dalam satu warnet, itu berarti tanpa disadari kamu sudah menikmati fasilitas LAN. Alat yang digunakan sebagai perantara LAN umumnya merupakan kabel khusus yang dihubungkan antar sesama komputer. Karena cukup rumit di instalasi dan kurang praktis, sepanjang perjalanannya teknologi ini berkembang ke ranah nirkabel alias wireless. Masyarakat umum biasanya menamakan ini dengan Wireless Local Area Network atau WLAN.

Wireless Local Area Network

Naik ke tahap yang lebih luas lagi, kita akan berkenalan dengan Metropolitan Area Network atau MAN. Sesuai sebutannya, jaringan ini memungkinkan untuk terhubungnya 2 atau lebih komputer di satu area kota. Lagi-lagi MAN juga mengandalkan kabel sebagai perantara koneksinya. Harus diakui teknologi ini memang sangat tidak praktis, sehingga sebuah perusahaan lebih menyukai penggunaan WAN alias Wide Area Network.

Metropolitan Area Network

Teknologi WAN lebih sering dipakai oleh bank untuk menghubungkan semua perangkat mesin ATM yang tersebar di suatu kota. Lebih spesifik lagi, ada juga penamaan berdasarkan institut pendidikan yang memakai jasa MAN sehingga lebih pantas disebut CAN. Singkatan itu merupakan kepanjangan dari bahasa Inggris yang berarti Campus Area Network. Sebagian besar jenis jaringan yang dibahas barusan kebanyakan sudah ditinggalkan karena layanan internet jauh lebih populer.

Internet Sebagai Pilihan Favorit

Internet adalah jenis teknologi jaringan yang paling sukses dan digunakan secara masif di seluruh dunia. Terlalu banyak kelebihan dari penggunaan internet dibandingkan metode jaringan yang sebelumnya kita jabarkan di atas. Misalnya saja, alat perantara komunikasi pada internet tidak lagi menggunakan kabel, melainkan mengandalkan tower pemancar sinyal satelit.

Pilihan Favorit Teknologi Jaringan

Tower ini akan menangkap sinyal yang tidak kasat mata dan mendistribusikannya ke cakupan wilayah yang sangat luas. Internet secara ekstrim dapat menghubungkan komputer anda yang berada di pelosok Indonesia ke komputer di belahan negara lain. Jangan heran, dengan semua hal positif di atas membuat internet menjadi pilihan favorit ketika berbicara tentang teknologi jaringan pada komputer.

Meskipun demikian, bukan berarti teknologi internet tidak mempunyai kekurangan. Satu-satunya momok yang menjadi bahan pertimbangan adalah biaya pembelanjaan alat dan perlengkapan untuk mendirikan suatu tower cukup memakan biaya. Sekali bangun, modal yang digelontorkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Tantangan berikutnya adalah bentuk geografis sangat mempengaruhi kualitas sinyal yang dipancarkan oleh tower pemancar.

Indonesia sendiri memiliki medan dataran yang cukup sulit karena terdiri dari perbukitan, hutan, gunung, serta lembah yang berbeda tingkat ketinggiannya. Keadaan ini membuat kendaraan dan mesin proyek yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tower kesusahan menuju lokasi. Itulah sebabnya mengapa negara kita memiliki kecepatan internet yang masih tertinggal jauh dibandingkan negara berkembang lainnya. Sepertinya, untuk belasan tahun ke depan kita masih harus berpuas diri dengan kualitas internet di Indonesia yang sering timbul tenggelam.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related