Kebocoran Data Facebook, Begini Cara Mengecek Keamanan Akun Anda


April 6, 2021

Lebih Dari 533 juta Data Facebook Bocor

Baru-baru ini dilaporkan beredarnya data pribadi jutaan pengguna Facebook di forum-forum hacker di internet. Data yang bocor ini berasal dari 106 negara termasuk Indonesia. Pengguna Facebook yang paling banyak bocor datanya berasal dari negara Mesir sebanyak 44,8 juta, disusul Tunisia sebanyak 39,5 juta, Italia 35,6 juta, dan Amerika Serikat sebanyak 32,3 juta. Pengguna Facebook asal Indonesia yang turut menjadi korban juga cukup banyak mencapai 130.331 akun.

Data pengguna Facebook yang bocor termasuk data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, lokasi, pekerjaan, hingga nomor telepon dan alamat email. Data-data yang sudah tersebar di internet ini dapat digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai macam hal seperti marketing, spamming, hingga hacking dan scamming.

Bagaimana Facebook Bisa Kebobolan?

Ketika dikonfirmasi, juru bicara Facebook mengaku bahwa berita kebocoran tersebut sudah dilaporkan sebelumnya pada 2019. Menurutnya, jutaan data tersebut bocor dikarenakan kerentanan keamanan pada Facebook. Ia mengaku hal ini sudah diperbaiki pada Agustus 2019 lalu.

Apa Resiko Bagi Korban Peretasan Data?

Menurut Alon Gal yang meurpakan orang pertama yang menemukan kebocoran tersebut, ada ancaman kejahatan siber bagi korban kebocoran data Facebook. Informasi korban dapat digunakan untuk melakukan penyamaran dengan nama korban. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan informasi untuk melakukan peretasan atau bahkan melakukan penipuan.

Bagaimana Cara Mengecek Data Facebook Bocor?

Untuk mengecek keamanan akun Facebook anda, anda dapat mengunjungi Pusat Bantuan Facebook lewat menu belogo tanda tanya di bagian atas Facebook. Lalu ketiklah Cambridge Analytica di kolom percarian Help Center. Lalu pilihlah see more kemudian klik pilihan pertanyaan apakah informasi anda dibagikan ke organisasi tersebut.

Bila akun anda aman dan tidak terdampak, aka nada pemberitahuan seperti ini, “berdasarkan rekaman kami yang ada, Anda maupun teman Anda tidak pernah masuk ke This Is Your Digital Life.” Atau bisa juga kasusnya adalah akun anda tidak terdampak, namun pernah ter log in di Facebook, maka Cambridge Analytica akan melaporkan bahwa informasi yang bocor berupa laman yang disukai, ulang tahun, dan kota tempat tinggal.

data facebook di help center

Facebook juga akan memberi anda tawaran di Help Center untuk meninjau ulang informasi yang dibagikan ke apikasi maupun situs-situs lain seperti game atau situs perbelanjaan. Jika anda tidak ingin membagikan informasi anda ke situs tersebut anda dapat menghapusnya di menu pilihan Apps and Websites yang bisa diakses melalui setting.

Bila anda ingin memantau privasi pada lini masa anda, anda dapat mengeceknya dengan menggunakan fitur view as pada lini  masa anda untuk melihat bagaimana tampilan Facebook anda ketika dilihat oleh akun Facebook teman anda.

Apa Yang Bisa Dilakukan Bila Ternyata Ada Kebocoran Pada Akun Kita?

Sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk data-data yang sudah bocor. Karena kemungkinan besar data-data tersebut sudah tersebar di internet secara gratis. Hal yang bisa anda lakukan hanyalah berwaspada terhadap adanya kemungkinan bentuk-bentuk penipuan lewat Facebook. Maka dari itu berhati-hatilah ketika anda akan berbagi informasi pribadi anda dan berwaspada terhadap telepon, sms, maupun email yang mencurigakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related