Apa Itu Topologi Jaringan


September 14, 2020

Banyak jaringan di dunia ini dengan sistem-sistem nya yang sangat rumit untuk dijelajah satu persatu-persatu termasuk juga dengan Topologi Jaringan. Kebanyakan dari user yaitu para pengguna komputer yang menggunkaan jaringan komputer pada umumnya akan mencari bagaimana menggunakan sebuah jaringan saja. Mereka tidak berkeinginan untuk mencari tahu apa saja yang masuk kedalam jenis jaringan, apa itu topologi dan lain sebagainya.

Apa Itu Topologi Jaringan

Namun jika kalian adalah para IT yang sudah tidak asing lagi dengan istilah pada jaringan komputer yang sering digunakan. Pastinya tidak akan pusing dan bingung lagi dengan jaringan yang satu ini. Di artikel singkat ini kamu akan mendapatkan tambahan informasi seputar jaringan komputer. Informasi ini mungkin akan sangat berguna bagi kalian yang ingin mendalami dunia jaringan komputer.

Pengertian Topologi Jaringan

Topoologi jaringan adalah struktur yang ada pada bagian komputer yang mana bisa menghubungkan semua komputer dalam sebuh satu jaringan. Jaringan topologi ini tentu saja memerlukan koneksi internet yang bagus dan kencang. Kalian harus memiliki jaringan yang bagus barulah topologi jaringan akan terjalin dengan sangat lancar.

Jaringan ini menghubungan sebuah komputer dengan beberapa komputer yang lainnya dengan kata lain yang terhubungan mengunakan topologi jaringan menggunakan komputer lebih dari 2. Cara kerja dalam menghubungkan komputer-komputer ini bisa menggunakan kabel atau juga bisa dengan meggunakan jaringan internet.

Banyak sekali yang menggunakan jaringan topologi diseluruh dunia, dan banyak juga yang belum menyadari nya jika mereka telah menggunakan topologi jaringan. Kelebihan dalam menggunakan jaringan ini sangat banyak sekali, salah satunya data yang kalian simpan dalam komputer biasanya akan lebih aman dan jika kalian mengirimkan suatu file akan terkirim dengan sangat cepat.

Macam-macam Jaringan Topologi

  • Topologi Ring

Topologi Ring

Ini adalah strukstur dari topologi yang bentuk nya menyerupai cincin dimana setiap komputer akan saling terhubung berputar. Seperti namanya, jaringan ini menggunakan jaringan topologi dengan menghubungkan komputer dengan membentuk sebuah lingkaran.

Ciri dari ring ini adalah biasanya kabel yang digunakan adalah menggunakan kabel UTP dan Patch Cable yang membentuk jaringan menyerupai linkaran mirip dengan namanya.
Cara kerja dari ring ini sangat simlpe untuk kalian lihat secara jelas adalah seperti itu saja pada umumnya.

  • Topologi Star

Topologi Star

Jaringan ini sama juga dengan nama nya dimana kita bisa melihat jika struktur dari penggunaan jaringan ini dengan menggunakan jaringan yang sama dengan bentuk bintang. Kalian akan melihat jika jaringan jenis ini akan sama dengan bentuk bintang yang dikarenakan bentuk saat menggunakan kabel yang digunakan dalam menghungkan setiap jaringan akan dihubungkan sama bentuk nya dengan bentuk bintang.

Lalu bagaimana cara kerja dari struktur bintang ini? Biasanya jaringan dengan jenis ini menggunakan kabel UPT dengan konektor RJ 45. Dengan berpusat pada salah satu komputer yang saling terhubung tersebut, diantara komputer-komputer telah terhubung tersebut harus kalian lihat dengan benar mana jaringan yang menjadi pusat atau induk dari semua komputer yang terhubung.

  • Topologi Tree

Topologi Tree

Jaringan tree (pohon) adalah jaringan yang struktur penghubungan nya sama dengan bentuk pohon yang mana kalian akan melihat dengan sangat jelas. Dimana kalian akan melihat dengan sangat jelas jika jaringan topologi bus akan menjadi konektor utama dalam jaringan tersebut dengan menghungkan paling banyak 4 server yang berbeda. Nah, kalau dengan jenis jaringan yang satu ini kamu akan melihat dengan jelas mana yang jadi induk dari jaringan yang saling terhubung tersebut. Beda hal nya dengan jaringan star yang dihubungkan secara acak dan menyebabkan kita kesulitan untuk menentukan mana komputer yang menjadi induk dari jaringan yang terhubung tersebut.

Masih banyak sekali jenis dan macam dari Topologi Jaringan yang banyak biasanya digunakan di perkantoran. Namun 3 diatas adalah jenis jaringan topologi yang palig populer digunakan dalam menghubungkan beberapa komputer tersebut. Sekian penjelasan yang bisa kami jelaskan diatas semiga dapat menambah pengetahuan kamu seputar istilah apa saja yang digunakan dalam dunia jaringan komputer.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related